Blues dan Saya

Posted on


Perkenalkan, nama saya Herry Firmansyah. Saya memainkan gitar dengan slide besi di kelingking. Saya menulis lagu mengenai apa apa yang saya rasakan karena saya paling tidak suka dengan sesuatu yang dibuat buat. Saya memainkan musik blues dari jaman lampau. Saya menafsirkan blues sebagai sebuah bunyi bunyian, gumaman yang bebas dan merdeka. Blues haruslah menyampaikan sesuatu kepada yang mendengar, jikalau tak ada pesan di dalamnya, minimal dia bercerita. Saya memiliki interpretasi yang sedikit berbeda dengan orang orang lain mengenai blues, mungkin. Saya samasekali tidak perduli dengan penghitungan birama, urusan sound dan segala tetek bengeknya yang memusingkan, juga segala hal teknis yang menurut orang harus begini dan begitu. Saya hanya mau menyanyi dan memainkan gitar, itu saja.

Gitar yang saya pakai adalah sebuah telecaster tua bukan fender yang saya beli dari seorang teman dengan harga yang tak begitu mahal untuk ukuran harga sebuah gitar. Saya suka bunyinya yang bisa seperti besi. Dan saat orang orang mempermak gitarnya dengan part part tertentu agar bunyinya bisa seperti si anu, agar soundnya terdengar seperti si itu, maka saya hanya akan mengelap gitar saya agar terlihat lebih mengkilap dan sedikit meminyaki senarnya agar tidak karatan. Sekali lagi saya tidak perduli dengan “kebenaran” standar dan konvensional bahwa blues adalah begini, tekniknya begitu dan yang paling cocok adalah memakai gitar merk anu.

Oh ya…ada yang belum saya ceritakan, saya adalah seorang suami dari seorang perempuan hebat dan juga bapak dari dua orang anak yang lucu lucu. Dan saya sangat senang dengan semua itu 🙂

Salam

Tinggalkan Balasan

